26 September 2008

Karunia (Kharisma) vs Karakter

Haii teman-teman..kali ini aku mau tulis ttg hasil sharing kita pas komsel kemaren (25 Sept 08)..Temen kita yang membawakan nya adalah Lisrina..dia beri topik Karunia vs Karakter..
Di awal pembahasan, kita berdiskusi apa sih bedanya karunia dan karakter? dan diperoleh perbedaan dari keduanya..Karunia adalah pemberian TUHAN yang kita peroleh dari lahir dan itu sifatnya instan karena memang sepenuhnya pemberian Tuhan sedngkan karakter adalah hasil dari suatu proses..karakter membutuhkan waktu..
Nah seringkali dalam hidup kita, kita selalu meminta apa yang namanya karunia kepada Tuhan dan kita cenderung mengesampingkan yang namanya karakter ini..

Mengapa karakter itu sangat penting? karena kalau kita hanya mengandalkan karunia saja dan kita tidak memiliki karakter yang baik maka hasil nya kita bisa terjatuh. Mau tau contoh yang ada di Alkitab? Salomo dan Samson mereka adalah dua tokoh Alkitab yang bisa kita tahu bahwa mereka memiliki karunia yang luar biasa..Salomo berkarunia dalam perkataan-perkataan hikmat yang Sungguh hebat sehingga ada kitab tulisan dia yaitu AMSAL dan juga PENGKHOTBAH yang memuat banyak sekali kata-kata bijak dan hikmat..tapi apa yang terjadi? Salomo jatuh dalam dosa perzinahan dengan istri-istri dan selir2nya yang sangat banyak..Untuk samson, dia sedari dalam perut ibunya sudah diberi karunia yang luar biasa, namun alhasil dia sempat jatuh juga..Ini berarti Karunia saja tidak cukup membuat kita tetap kuat dan bertahan untuk tidak jatuh dalam dosa..kita butuh yang namanya KARAKTER..

Oke kita bahas apakah itu namanya KARAKTER? Karakter merupakan hasil akhir dari suatu proses panjang, yang jika boleh diringkas menjadi sbb. dari HATI kita kita mulai melakukan sesuatu yang namanya PIKIRAN yang kemudian diwujud nyatakan dalam sebuah TINDAKAN. Tindakan-tindakan yang dilakukan secara rutin dapat menjadi KEBIASAAN dan pada ujungnya akan membuahkan yang namanya KARAKTER.. Yaps, itu lah proses pembentukan karakter..
Lalu bagaimana supaya kita bisa memiliki karakter yang baik??
Ada 4 hal yang perlu mendapat perhatian serius, yaitu:
  1. Perubahan Pola Pikir - Dalam Roma 12:2 jelas dikatakan bahwa kita harus melakukan yang namanya pembaharuan budi..pembaharuan pola pikir..supaya apa? supaya kita semakin serupa dengan Allah..
  2. Rela Ditegur - Teguran yang kita terima mendatangkan didikan dan berkat bagi kita, oleh karena itu jika kita mendapat teguran maka seharusnya kita berbahagia karena itu adalah proses pembentukan karakter kita :)
  3. Disiplin Rohani - Latihan badani terbatas gunanya tetapi Ibadah itu mengandung janji baik untuk kehidupan hari ini maupun untuk hidup yang akan datang, oleh karena itu jika karakter kita mau bertumbuh ke arah yang baik, janganlah kita menjauih pertemuan-pertemuan ibadah..justru kita harus semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang semakin mendekat..
  4. Lingkungan yang baik - Dalam 1 Korintus 15:33 jelas tertulis bahwa "Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik" dan ini jelas terbukti.

So, jika kita ingin memiliki karakter yang baik..marilah kita mulai memperhatikan keempat hal tersebut. Satu contoh dari Alkitab yang sangat baik karakternya adalah YUSUF..siapa sih dari kita yang tidak kenal ma tokoh YUSUF ini?? dia sudah banyak mengalamai proses kehidupan dan dia menjalaninya dengan tetap bersyukur pada Tuhan tanpa sempat mengeluh atas segala kejahatan yang dilakukan kepadanya..dan hasilnya apa? dia bahkan diangkat begitu tinggi dengan kedudukan hampir setara dengan Firaun..mengapa? karena selain dia memiliki karunia dia tidak mengabaikan karakter..Karakte yang dia miliki sangat luar biasa..Hal ini terbukti saat saudara2 nya datang mengunjungi dia ketika terjadi kelaparan besar..apa yang Yusuf katakan kepada sodara2nya?

"Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar."

Yaps, itu yang harus kita imani dan lakukan..walaupun mungkin banyak kejahatan dan ketidak adilan yang terjadi dalam hidup kita..tapi percaya lah bahwa ALLAH sanggup mengubah semua nya itu menjadi sesuatu KEBAIKAN bagi kita..Amin

- Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi DIA yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan RencanaNya -

Tidak ada komentar: